Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. QS Al Baqarah (2): 261

Melalui Sedekah, Pedagang Bubur Keliling Dapatkan Mobil Mewah

Tidak henti-hentinya Ustaz Yusuf Mansur mengajak kepada kaum muslimin untuk bersedekah. Seberapapun jumlahnya, ustaz yang menggarap film berjudul kun fa yakuun ini selalu mengingatkan supaya tidak melihat nominalnya, tetapi yang utama adalah keikhlasan.

Yusuf menceritakan pada suatu waktu dia pernah diajak oleh seorang wartawan untuk pergi ke Semarang, Jawa Tengah. Bukan untuk berdakwah, tapi hanya untuk menjalani sesi pemotretan dengan pemenang mobil Mercedes Benz New Eyes E200 Kompressor baru seharga ratusan juta rupiah. Hadiah undian dari salah satu bank nasional.

Tidak ada yang aneh dengan prosesi penyerahan hadiah, semua berjalan layaknya acara pada umumnya. Namun yang mencengangkan Yusuf adalah sang pemenang ternyata profesi pekerjaan sehari-hari hanya sebagai penjual bubur keliling. "Bagaimana ceritanya dia bisa mendapat hadiah mobil itu," batin Yusuf.

Meski secara agama, Yusuf tidak begitu heran dengan hal itu, karena menurutnya semua tidak ada yang mustahil jika Allah SWT berkehendak. Namun naluri manusiawi Yusuf menuntun untuk mencari tahu bagaimana caranya seorang tukang bubur bisa memenangkan hadiah utama mobil mewah.

Setelah beberapa saat bertanya kesana kemari, Yusuf begitu kaget dan memuji kalimat Allah SWT sewaktu mendapat jawabannya. Ternyata rahasia penjual bubur keliling mendapat Mercedez karena kepeduliannya kepada orang tua. si penjual ingin mewujudkan keinginan orang tuanya yang bercita-cita bisa berkunjung ke Baitullah Makkah menunaikan haji.

Setiap harinya, si penjual bubur selalu menyisakan beberapa lembar ribuan dari keuntungannya untuk ditabung ke dalam bank. Semua dia lakukan hanya untuk membahagiakan kedua sosok yang sangat berjasa besar dalam kehidupannya. Pada waktu bersamaan, pihak bank sedang mengadakan undian berhadiah.

Karena jumlah saldo penjual bubur mencapai Rp 5 juta, membuatnya mendapatkan satu kupon kesempatan memperoleh hadiah utama berupa mobil Mercedez. Akhirnya pada waktu pengundian, dengan izin Allah SWT, penjual bubur keliling terpilih menjadi pemenang hadiah utama.

Namun karena diharuskan membayar pajak sebesar 25 persen dari harga mobil, awalnya membuat penjual bubur kebingungan tidak bisa bayar. Hingga akhirnya kabar itu sampai kepada seorang ustaz pemilik universitas swasta islam ternama di daerah itu. Dan dengan izin Allah SWT, sang ustaz membantu melunasi pajak mobil mewah milik penjual bubur keliling.